Pesta Rakyat Pesisir akan Digelar Di Kawasan Marunda

Pesta Rakyat budaya wisata pesisir

JAKUT – Tak terasa kegigihan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara untuk mempromosikan program 12 jalur wisata pesisir sudah berjalan dalam kurun waktu setahun.

Sejak tanggal 26 Juli 2009, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo telah mencanangkan Jakarta Utara sebagai etalasenya kota Jakarta yang memiliki 12 jalur wisata pesisir sebagai obyek wisata andalan.

Dalam kurun waktu setahun, peningkatan infrastruktur di sejumlah lokasi wisata mulai diperbaiki secara bertahap seperti halnya renovasi Kampung Tugu dan Rumah Si Pitung yang semakin dipercantik dan dilengkapi dengan furniture menarik tanpa menghilangkan keasliannya.

Bukan hanya itu saja, peninggian dan pelebaran jalan maupun jembatan menuju areal Rumah Si Pitung dan Masjid Al-Alam Marunda, Kecamatan Cilincing juga menjadi fokus utama dari unit terkait.

Untuk lebih mengenalkan 12 jalur wisata pesisir kepada masyarakat luas sekaligus merayakan satu tahunnya pencanangan wisata pesisir, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar pesta rakyat di Muara BKT, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Minggu (18/7) mendatang mulai dari Pukul 10.00 WIB hingga selesai.

“Diagendakan setiap tahunnya akan digelar pesta rakyat di lokasi yang berbeda sebagai bentuk perayaan pencanangan 12 jalur wisata pesisir. Tahun lalu, diadakan di Yacht Club, Bahtera Jaya Ancol dan tahun ini dilaksanakan di Lapangan KBN Marunda dimana wilayah itu termasuk salah satu obyek wisata pesisir yakni Rumah Si Pitung, Masjid Al Alam dan Makam Tete Jongker,” jelas Bambang Sugiyono, Walikota Jakarta Utara, Kamis (15/7).

Sedangkan tema yang akan diusung kali ini yakni Populerkan Wisata pesisir dan Pacu Ekonomi Kreatif Jakarta Utara. Direncanakan, Festival Pesisir ini akan dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Sekitar ribuan pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat akan ikut menyaksikan pagelaran pesisir tersebut. Sejumlah hiburan menarik seperti kesenian khas pesisiran dengan mengundang daerah pesisir lain seperti Banten dan Jawa Timuran, selain itu ada pula Reog Ponorogo, Barongsai, dan kesenian tradisional lain.

Hal ini menunjukan ada berbagai budaya dari daerah lain yang turut berpartisipasi dalam peringatan satu tahun destinasi pesisir sehingga menjadikan Jakarta Utara berkarakter multietnis.

Selain itu, acara ini juga akan mengangkat potensi ekonomi kreatif di Jakarta Utara dari sejumlah UKM (Usaha Kecil Menengah), serta pameran dan bazar murah. Peserta pameran ini adalah pengusaha UKM dari enam kecamatan di Jakarta Utara.

Melalui pesta rakyat ini, diharapkan tumbuh kebersamaan masyarakat pesisir. Sebab dalam sejarahnya, masyarakat pesisir yang multi etnis ini memiliki beragam budaya dan hidup saling berdampingan dengan damai. Dengan mempopulerkan kembali budaya yang berkembang di pesisir Jakarta, diharapkan generasi muda dapat lebih mengenal budaya pesisir dan dampaknya adalah terciptanya rasa saling menghargai dan menghormati di tengah masyarakat.

Sementara itu, peran serta dari masing-masing unit terkait untuk ikut memajukan 12 jalur wisata pesisir sangatlah diharapkan.”Tahun ini, ada 5 paket pembangunan jalur destinasi yang akan dikerjakan di lokasi kawasan wisata pesisir,” jelas Maman Suparman, Kepala Suku Dinas PU Jalan Jakarta Utara kepada wisatapesisir.com.

Kelima paket yang akan dikerjakan pada bulan Oktober mendatang dan menjadi kewenangan Sudin PU Jalan Jakarta Utara diantaranya pembangunan trotoar Jl. Tugu Raya yang lokasinya berada di areal Kampung Tugu, Jl. Akses Pantai Publik Marunda yang merupakan program lanjutan, pelebaran jembatan akses menuju ke Rumah Pitung dan Masjid Al Alam.

Kemudian, pembangunan pedestrian di sepanjang jalan di kawasan Galangan VOC, Museum Bahari dan Sunda Kelapa. Selanjutnya, peningkatan jembatan anak Kali Ciliwung dekat pintu air Pasar Ikan, Penjaringan.

“Semuanya itu dilakukan untuk menunjang kemajuan infrastruktur kawasan wisata pesisir. Direncanakan, setiap tahunnya juga akan diprogramkan peningkatan infrastruktur di lokasi wisata lainnya,” ungkap Maman Suparman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s